Beberapa Pekerjaan Cocok Buat Kamu Sebagai Mahasiswa

Pekerjaan sebagai mahasiswa untuk nambah duit jajan apa aja sih? Sebagai mahasiswa kalau cuman ngandalin kiriman bulanan pasti ga cukup, kecuali kamu bener-bener bisa ngatur keuangan sih. Menjadi seorang mahasiswa juga butuh pengeluaran yang tidak sedikit kadang kita harus menyisihkan jajan untuk membayar kebutuhan tugas kuliah dan kampus. Selain itu, untuk kebutuhan bulan seperti ada uang kos dan kebutuhan sehari-hari, uang makan, uang rokok, uang nongkrong, uang kuota. Belum lagi kalau ada event musik dan guest star-nya jadi idaman banget. Untuk memenuhi itu semua tidak sedikit mahasiswa yang juga mengambil pekerjaan sambilan atau part-time untuk memenuhi kebutuhannya, menambah pengalaman maupun uang jajan. Nah, Berikut ini, ada beberapa pekerjaan yang cocok buat kamu yang ingin kerja sebagai mahasiswa.

1. Freelancer Desainer/Editor

pekerjaan sebagai mahasiswa, freelance desainer

Pekerjaan sebagai mahasiswa atau part-time yang pertama adalah dengan menjadi freelance desainer/editor. Untuk modal pun cuma butuh laptop dan ide-ide desain kreatif kamu. Jika belum paham, kan banyak tuh tutorial di youtub dan di internet yang bisa kamu lihat untuk mengasah kemampuan kamu. Terlebih lagi jika kamu emang udah punya bakat dan hasil yang bagus dalam membuat ilustrasi atau mengedit foto maupun video. Jangan ragu untuk menawarkan diri atas jasa desain/editor ke media sosial maupun ke rekan lainnya. Karena, saat ini banyak loh perusahaan yang mencari freelance di bidang itu. Bayarannya pun lumayan untuk kebutuhan kamu maupun biaya kuliah.

2. Reseller Online Shop

pekerjaan sebagai mahasiswa reseller

Pekerjaan sampingan atau part-time untuk anak kuliah yang kedua adalah dengan menjadi reseller online shop. Pekerjaan ini pas banget loh buat kamu yang sedikit ada modal dan ingin mendapatkan keuntungan lebih, kadang ada juga sih yang gak pake modal tergantung penjual mana yang kamu ajak kerjasama. Menjadi reseller biasanya akan diberikan harga yang relatif lebih murah sebagai reseller dari penjual aslinya. Nah, dengan begitu kamu bisa mendapatkan cuan atau keuntungan deh dari hasil jualan tersebut.

3. Asisten Lab

asisten lab

Pekerjaan sebagai mahasiswa lainnya adalah dengan menjadi asisten laboratorium. Sama seperti asisten dosen, jika kamu menguasai salah satu mata kuliah yang terdapat prakteknya, kamu bisa mengajukan diri sebagai asisten lab. Biasanya tugas asisten lab itu untuk membantu keperluan lab, menyiapkan alat praktikum, menyiapkan materi dan pembelajaran di dalam lab dan bisa juga sebagai pengganti dosen yang memang berhalangan untuk mengajar. Gaji yang didapatkan dari asisten lab juga lumayan loh. Apalagi kamu akan mendapatkan nilai plus dan juga mempunyai pengalaman tersendiri. Selain itu, kamu juga akan lebih banyak ilmu ketika menghabiskan waktu senggang di lab.

4. Jualan Pulsa

via pexel

Pekerjaan sampingan untuk anak kuliah yang keempat adalah dengan berjualan pulsa. Jualan pulsa atau kuota terbilang cukup menjanjikan, kita tahu sendiri siapa sih yang gak punya smartphone atau gadget di saat seperti ini. Buat kamu nih yang mau cari uang tambahan bisa banget loh dengan berjualan pulsa atau pun kuota. Walaupun keuntungan tidak seberapa, jika dikumpulkan akan menjadi nilai lebih. Selain itu, bisa menjadi cadangan keuangan kamu untuk biaya kuliah kamu juga.

5. Fotografer

fotografer

Pekerjaan yang kelima adalah dengan menjadi tukang foto atau fotografer. Untuk melakukan pekerjaan ini modal utama kamu tentu saja sebuah kamera dan skill untuk memotret dan menggunakan kamera. Apalagi pekerjaan ini cocok banget buat kamu yang punya hobi memotret, nggak ada salahnya loh menawarkan jasa menjadi fotografer. Misalnya menjadi fotografer untuk acara seperti wedding, tunangan, wisuda maupun pernikahan atau foto produk pun bisa. Pendapatan menjadi seorang fotografer juga cukup kok untuk jajan dan bantu-bantu biaya kuliah.

6. Event Organizer

event

Pekerjaan sampingan untuk anak kuliahan yang keenam adalah menjadi event organizer. Saat ini tiap bulan mungkin akan ada event-event yang diselenggarakan. Banyak loh acara-acara yang membutuhkan panitia tambahan untuk menyukseskan acaranya. Biasanya akan ada beberapa divisi untuk menjadi event organizer. Dengan menjadi bagian event organizer, kamu akan lebih cepat tanggap terhadap keputusan di dalam acara dan bisa dijadikan pengalaman untuk nanti kedepannya.

7. Jadi Youtuber

Di era yang serba digital ini siapa sih yang gak kenal platform internet dan youtube. Anak-anak SD sekarang pun ketika ditanya cita-cita dan impiannya jadi apa, 70% yang menjawab ingin menjadi youtuber. Menjadi youtuber juga bukan perkara sepele, tapi bisa dicoba mulai aja dulu. Karena untuk menjadi youtuber dibutuhkan konsistensi diri, pantang menyerah dan juga butuh waktu luang, untuk bikin mikirin konten sekaligus membuat konten yang bagus. Penghasilannya dari adsense dan endorsement juga lumayan loh, kalau channel youtube kamu bisa terkenal sih. Siapa tau bisa kayak youtuber dengan 18jt subscriber itu, Atta Halilintar.
Nah, itu lah beberapa pekerjaan sebagai mahasiswa yang cocok buat kamu untuk nambah duit jajan dan kebutuhan maupun bisa menjadi pengalaman kerja sebelum lulus kuliah.

Penulis: Penulis: Fatur Riyadi Rahmat

penulisbaru

masih pemula, masih ingin belajar belajar membina rumah tangga sama kamu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *