Hal-hal Perlu Diperhatikan dalam Penggunaan Jam Tangan

Seringkali orang hanya asal menggunakan jam tangan, memang benar jam tangan difungsikan sebagai penunjukkan waktu. Namun jam tangan juga sering difungsikan sebagai bagian penunjang dalam hal berpenampilan. Untuk itu, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar penggunaan jam tangan dapat membuat penampilan kamu jadi semakin terlihat menarik dan elegan tentunya. Inilah 5 hal yang harus di perhatikan dalam menggunakan jam tangan.

1. Ukuran Jam Tangan

credit by pexels

Beberapa orang sering kali tidak terlalu memperhatikan ukuran dari jam tangan-nya. Ini bukanlah masalah yang besar namun akan berdampak pada penampilan kamu, lho. Ada yang menggunakan jam tangan yang berdiameter besar di tangan yang kecil, begitu pun sebaliknya menggunakan jam tangan berdiameter kecil di tangan yang besar, sehingga membuat penampilan mereka kurang sempurna. Pada umumnya untuk pergelangan tangan yang kecil menggunakan ukuran jam tangan yang berdiameter 38 mm – 42 mm, sedangkan untuk pergelangan yang besar menggunakan jam tangan berdiameter 42 mm –  55 mm. Nah, semoga kamu tidak salah lagi dalam memilih ukuran jam tangan yang sesuai yaa.

2. Sesuaikan strap jam tangan agar fit di pergelangan

credit by pexels

Nah ini juga yang sering menjadi hal yang tidak terlalu diperhatikan dalam penggunaan jam tangan sehari-hari. Jangan menggunakan jam tangan yang strap-nya kelonggaran atau kesempitan di pergelangan kamu. Jika strap jam tangan yang kamu gunakan terbuat dari stainless steel, usahakan jam tangan yang kamu gunakan pas dengan pergelangan tangan kamu. Coba potong dan sesuaikan agar fit di tangan kamu. Semakin fit jam tangan yang di pergelangan tangan kamu, semakin nyaman kamu menggunakan jam tangan seharian.

3. Warna Jam Tangan

credit by pixabay

Kalau berbicara soal warna itu sebenarnya relatif sih dan sesuai selera. Tapi sebaiknya kamu juga harus memperhatikan hal ini. Usahakan kamu memilih jam tangan yang mempunyai warna dan model yang netral agar bisa cocok dengan outfit apapun yang kamu kenakan. Warna-warna netral yang dimaksud adalah warna dari jam tangan kamu mulai dari face, case dan strap-nya. Untuk warna face-nya sebaiknya memilih warna putih atau hitam. Untuk warna case-nya kamu bisa memilih warna gold, rosegold, ataupun silver. Dan untuk warna strap-nya kamu bisa memilih warna hitam, coklat, ataupun silver. Warna-warna ini yang membuat penampilan kamu terkesan elegan serta semakin fashionable tentunya.

4. Jenis jam tangan dan fungsinya

credit by pexels

Nah, untuk jenis-jenis jam tangan sendiri itu ada banyak macamnya. Tapi ada 3 jenis jam tangan yang paling utama.

Yang pertama adalah jam tangan formal, sudah jelas jam tangan ini digunakan untuk menunjang penampilan formal kamu. Yang kedua adalah jam tangan casual, jam tangan ini lebih bisa kamu gunakan untuk acara formal ataupun digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Dan yang terakhir jam tangan sport atau olahraga, yang sudah jelas kalian gunakan untuk berolahraga namun tetap bisa kamu gunakan ketika sedang mengenakan outfit casual. Hindarilah penggunaan jam tangan yang membuat penampilan kalian kurang matching, seperti penggunaan jam tangan sport di acara-acara formal ataupun penggunaan jam tangan formal ketika kamu sedang berolahraga.

5. Letak Jam Tangan

credit by rawpixel

Untuk letak jam tangan itu sendiri, mau di tangan kanan atau di kiri sekalipun itu tergantung dari kenyamanan kamu. Namun, usahakan letak jam tangan kamu tidak mengganggu aktivitas tangan kamu, seperti misalnya hindari penggunaan jam di tangan yang dominan. Dampaknya dapat membuat jam tangan kamu lecet ataupun dapat mengurangi benturan dari tangan yang terlalu sibuk.

Itulah 5 hal yang perlu kamu perhatikan dalam penggunaan jam tangan. Semoga bermanfaat dan dapat membuat kamu semakin percaya diri dalam berpenampilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *