Hal Sepele yang Dampak Sebenarnya Gak Sepele

Banyak hal sepele yang selama ini kita anggap biasa namun sebenarnya memiliki dampak yang besar bagi kita maupun orang lain. Kita sering melewatkan dan mengganggap sepele karena semua itu adalah hal-hal kecil yang rasanya tak tak terlalu penting dan mengganggapnya biasa-biasa saja. Mungkin bagi kita biasa saja tapi mungkin sangat berdampak besar bagi sekitar dan orang lain. Berikut ini hal-hal yang dianggap sepele namun makna dan dampaknya besar.

1. Mengucapkan Kata Terima Kasih

hal sepele mengucap terima kasih ke waiters

Mengucapkan kata terima kasih mungkin adalah hal sepele yang bisa kamu lakukan namun dampaknya tidak sepele lho. Cobalah untuk selalu mengucapkan kata makasih untuk orang-orang yang telah melakukan sesuatu hal untukmu. Seperti ucapan makasih ke waiters setelah memesan menu di cafe atau setelah driver online mengantar kamu ke tujuan. Meskipun hal itu memang adalah tugas mereka tapi gak ada salahnya dong kamu bilang makasih ke mereka. Hal ini dapat membuat mereka atau siapa pun yang diberikan ucapan terima kasih akan merasa lebih dihargai. Selain itu kamu juga akan lebih mendapatkan respek ketimbang yang tidak.

2. Mengucapkan Kata Maaf

hal sepele mengucap maaf

Kadang bagi kita yang sudah terlalu dekat sama temen sendiri atau sahabat, jadi merasa tak memerlukan kata maaf karena sudah saling mengerti. Padahal hal sepele seperti mengucapkan kata maaf jika kita melakukan kesalahan adalah bentuk kedewasaan diri dan membuang ego. Kata maaf pun gak selamanya bisa kita pakai terlalu sering, nanti value-nya udah kurang. Gunakan saat-saat tertentu saja ketika misalnya kita merasa sudah kelewatan batas atau kita ditegur seseorang karena kesalahan yang tidak disadari. Ketika kita menggunakan kata maaf, orang lain juga tidak akan mencari-cari kesalahan kita dibanding ketika kita denial atau merasa benar padahal kita salah.

3. Mengucapkan Kata Tolong

hal sepele mengucap kata tolong

Ini juga menjadi hal sepele yang sering kita abaikan, yaitu mengucapkan kata tolong. Untuk meminta seseorang melakukan sesuatu terhadap kita akan lebih baik jika menggunakan kata tolong dong. Jika tidak kesannya kita jadi orang yang memerintah ini itu dan terlihat tidak menghargai orang lain. Mengucapkan kata tolong bisa kamu lakukan ketika meminta hal sepele, misalkan saja meminta mengambilkan barang, atau meminta mengancingkan baju yang tidak bisa kamu lakukan sendiri. Oiya, setelah meminta tolong jangan lupa juga untuk bilang makasih atau thanks yaa.

4. Tersenyum dan Bersikap Ramah

bersikap ramah

Ketika ada teman, atau orang lain yang ingin menanyakan sesuatu cobalah untuk tetap bersikap ramah dan tersenyum. Meskipun saat itu kamu sedang tidak mood atau mungkin tidak nyaman tapi setidaknya kamu tidak memberikan kesan buruk terhadap orang lain. Kamu bisa menjawab dan menolak dengan halus ketika ditanyakan sesuatu namun tidak tau atau tidak ingin. Karena kita gak tau mungkin saja besok lusa kamu yang butuh sesuatu dari mereka.

5. Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekitar

hal sepele membereskan meja makan

Hal sepele lain yang dapat berdampak besar bagi sekitar adalah dengan menjaga kebersihan dan membentuk budaya itu mulai dari diri sendiri. Coba deh ketika kamu selesai makan di resto fast food, kamu sebaiknya membersihkan meja makanmu dan mengumpulkan sampah makananmu lalu buang ke tempat yang disediakan. Budaya membersihkan setelah makan di fast food ini masih jarang dilakukan di Indonesia, sehabis makan kita meninggalkan sisa makanannya begitu saja di meja. Misalnya juga ketika kamu menemukan sampah kecil seperti tisu atau plastik makanan yang ada di jalan, kamu bisa mengambilnya lalu membuang sampah itu pada tempat sampah nanti.

Beberapa hal sepele di atas dapat kita mulai dari diri kita sendiri dulu. Selain hal itu dapat berdampak pada orang lain, kita juga dapat merasakan dampak yang sama atas perlakuan orang lain terhadap kita. Mudah dan sepele bukan? Jadi, ayo mulai dari diri sendiri dulu.

 

 

Sebut saja Admin

hanya seorang yang suka diajak ngobrol tapi gak suka minum kopi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *