Ini Makanan Wajib Coba Ketika Berkunjung ke Makassar

Kota Makassar merupakan kota terbesar ke-lima di Indonesia, selain menawarkan wisata bahari, Makassar juga punya wisata kuliner dari makanan khasnya yang kaya akan rempah-rempah. Nah, berikut ini beberapa makanan berat khas Makassar yang wajib kamu coba ketika mampir ke kota Makassar.

1. Coto Makassar

via phinemo.com

Siapa sih yang ga tau coto Makassar, makanan ini sih sudah menjadi kuliner wajib paling coba ketika kamu berkunjung ke Makassar sih. Coto Makassar itu terbuat dari potongan daging dan jeroan sapi dengan kuah kacang yang diracik dengan berbagai macam rempah. Coto Makassar ini disajikan dalam mangkuk dan dinikmati dengan ketupat pandan khas makassar atau buras (nasi yang dibungkus dan dikukus dengan daun pisang).

2. Konro

via resepkoki.id

Konro adalah iga sapi, konro ini terbagi dua jenis yaitu sop konro dan konro bakar. Kuah dari sop konro ini juga menggunakan racikan dari berbagai rempah yang berbeda dengan coto Makassar. Selain dijadikan sop, konro ini juga diolah dengan cara dibakar dengan bumbu racikan rempah dan saus kacang. Konro inipaling nikmat jika disantap dengan nasi.

3. Sop Saudara

via tummyproperity.blogspot.co.id

Sop saudara ini aslinya berasal dari kabupaten pangkep, namun makanan ini bisa kamu temui di kota Makassar dan tak boleh kamu lewatkan untuk dicicip tentunya. Sop saudara ini terbuat dari potongan daging dan jeroan sapi seperti coto namun memiliki bahan tambahan pelengkap yaitu bihun dan perkadel kentang. Kuah dari sop saudara ini juga sangat berbeda dengan coto. Jika coto disantap dengan ketupat kalau sop saudara ini biasanya disajikan dengan nasi dan ikan bandeng bakar.

4. Pallu Basa

via tripadvisor

Masih soal makanan berkuah dan daging sapi, pallu basa ini juga memiliki bahan utama daging dan jeroan sapi namun dengan racikan kuah yang berbeda dari makanan sebelumnya. Kuah dari pallu basa ini menggunakan kelapa goreng yang menambah kelezatan dari racikan rempah kuahnya apalagi jika ditambahkan dengan toping telur mentah sehingga pallu basa juga memiliki cita rasa yang berbeda dari coto, konro, dan sop saudara.

5. Mie Kering

via inibaru.id

Mie Kering atau lebih sering disebut Mie Titi adalah makanan khas makassar yang terbuat dari mie goreng kering dengan tekstur crunchy yang disiram dengan kuah saus hangat dengan tekstur kental dengan bahan campuran sayur-sayuran, ayam, hati, udang, cumi, dan campuran telur yang larut dalam kuahnya. Untuk kamu yang suka dengan jenis makanan mie, mie kering ini wajib kamu cobain dan gak boleh kamu lewatkan ketika berkunjung ke Makassar.

Nah, itu tadi beberapa makanan khas Makassar yang wajib kamu cobain ketika mampir ke kota Makassar. Selain mengujungi tempat wisata yang menarik di Makassar, kamu bisa sekalian menikmati makanan khas kota Makassar.

Sebut saja Admin

hanya seorang yang suka diajak ngobrol tapi gak suka minum kopi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *