Kenapa Lebih Mudah Menahan Lapar daripada Haus?

Mengkonsumsi air mineral adalah kebutuhan penting bagi tubuh kamu. Saat kita berpuasa, kita diwajibkan menahan lapar dan haus. Oleh karena itu kita mudah merasa haus dibandingkan rasa lapar. Dalam sehari tubuh sebenarnya membutuhkan cairan sebanyak 1,5-2,3 liter per hari sama dengan 8-10 gelas air mineral. Tapi pada kenyataannya kebanyakan orang rata-rata hanya mengkonsumsi kurang dari 1,5 liter air perhari.

credit by fimela

“kenapa sih tubuh dapat menahan lapar daripada haus?”, ini dikarenakan tubuh dapat mengambil lemak sebagai cadangan makanan ketika merasakan lapar. Sedangkan tubuh tidak dapat menahan haus dikarenakan tubuh membutuhkan tujuh puluh persen cairan. Salah satu kutipan dari howstuffwork menyatakan, seorang yang memiliki tubuh yang kurang baik dapat bertahan tanpa makan 10 hingga 14 hari.

credit by shoalhavenspringwater

Untuk memenuhi kebutuhan cairan selama berpuasa, perbanyak meminum air disaat waktu berbuka hingga waktu sahur dengan pembagian yang bagus. Kamu dapat mengkonsumsi 3 gelas air saat berbuka, 3-4 gelas sebelum tidur, dan 3 gelas saat sahur. Dengan pembagian seperti itu cairan di tubuh kamu dapat di terpenuhi dengan baik.

credit by dream.co.id

Gejala yang dapat terjadi ketika tubuh kamu kekurangan cairan salah satunya adalah berkurangnya konsentrasi, berhalusinasi, sakit kepala, mata berkunang-kunang, dan pusing. Mungkin kamu juga sering mendengar berubahnya warna pada urine menandakan tubuh kamu kurang mengkonsumsi air mineral, itu salah satu cara kamu menilai tingkat dehidrasi pada tubuh.

Jadi dapat disimpulkan dikarenakan tubuh dapat mengambil lemak sebagai pasokan nutrisi dan protein bagi tubuh, dan tubuh tidak memiliki cadangan cairan untuk memenuhi jumlah minimal cairan yang dibutuhkan. Jadi penuhilah jumlah pasokan cairan tubuh kamu selama puasa agar tidak terjadi dehidrasi dan gejala-gejala yang membuat kesehatan tubuh kamu menurun selama bulan ramadhan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *