Minum Air Dingin Bikin Gemuk, Benar Gak Sih?

Di musim panas atau kondisi matahari yang lagi terik-teriknya, kamu pasti langsung membayangkan untuk minum air dingin atau minuman dingin. Untuk mendinginkan suhu tubuh dari panas, sangat segar rasanya jika kita mengkonsumsi minuman dingin atau es krim. Tapi tidak sedikit orang sering kali berfikir, mengkonsumsi air dingin adalah salah satu faktor naiknya berat badan dan membuat kita menjadi gemuk. Benar gak sih?

Mitos Air Dingin Bikin Gendut

“Jangan sering-sering minum air dingin, nanti bikin gemuk loh!”

atau

“Katanya pengen diet? gimana mau kurus kalo kamu sering minum es”

dan beberapa kalimat serupa adalah salah satu pemikiran yang keliru, namun dibenarkan oleh ke banyak orang. Asumsi itu dibenarkan karena menurut mereka, setiap makanan yang masuk ke tubuh kita atau lemak dalam tubuh kita nantinya akan dibekukan oleh air dingin/es, sehingga akan terjadi pembekukan lemak dalam tubuh dan proses pencernaan menjadi sulit, sehingga membuat tubuh kita menjadi gendut.

air dingin dan es batu

Fakta Penelitian Sebenarnya

Sebuah penelitian mengungkapkan, pada dasarnya saat kamu mengkonsumsi air, baik dingin atau hangat. Tubuh akan memproses sedemikian rupa agar suhu air dapat sesuai dengan tubuh kamu. Sehingga segala jenis air minum maupun makanan yang kita konsumsi akan diproses suhu-nya sesuai dengan tubuh kita.

Sedangkan cairan yang sifatnya manis atau pun bersoda, itulah faktor utama terbentuknya lemak dalam tubuh kamu. Kandungan glukosa dan kandungan lainnya yang terdapat pada minuman manis atau bersoda akan membuat penumpukan lemak. Mitos atau fakta mengenai minum air dingin dapat membuat gemuk, bisa di pastikan itu adalah mitos.

Jadi, yang membuat kita gemuk itu bukan lah mengkonsumsi air dingin/es, melainkan mengkonsumsi minuman dingin yang manis dan bersoda. Meminum air putih dingin sangatlah aman dan tidak akan menyebabkan kegemukan.

minuman manis

Manfaat Air Dingin/Es

Terlepas dari mitos atau fakta mengenai dampak air dingin terhadap kegemukan, air dingin ternyata mempunyai manfaat. Beberapa penelitian mengemukakan bahwa air dingin atau air es dapat meningkatkan metabolisme dan membuat perut lebih kenyang.

es batu

Selain itu, meminum air dingin setelah olahraga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Dikarenakan mengkonsumsi minuman dingin dapat menahan lebih lama suhu tubuh agar tidak meningkat drastis.

Namun terlalu banyak mengkonsumsi air putih dapat membuat kamu beresiko mengalami keracunan dan mengganggu proses pembakaran kalori. Karena alasan inilah para pakar kesehatan menyarankan untuk mengkonsumsi air putih dengan cukup.

Nah, untuk kamu yang menghindari mengkonsumsi air dingin dengan alasan dapat menambah berat badan tidak lagi menjadi masalah. Pada akhirnya mengkonsumsi air putih merupakan minuman terbaik dibandingkan minuman lainnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *