Opini: Jenjang Pendidikan Bukan Tempat Untuk Senioritas

Tempat perkuliahan adalah tempat untuk menempuh pendidikan, bukan semata-mata sebagai ajang pembagian senioritas terhadap junior. Orang-orang yang datang kesana sangat menyadari bahwa pentingnya pendidikan untuk memperluas pengetahuan mereka. Oleh karena itu, orang yang berpendidikan dan berpengetahuan luas akan selalu melahirkan ide-ide baru dalam hidupnya. Ide-ide dan gagasan baru ini lah yang pada akhirnya akan membawa dunia ini ke arah yang lebih baik.

senioritas junior di kampus

Namun, sangat disayangkan dunia perkuliahan saat ini masih di penuhi dengan tidakan senioritas yang tidak mencerminkan karakter seorang mahasiswa yang baik. Pada tahun 2016, ospek sudah dihapuskan namun sampai saat ini sikap senioritas di berbagai jenjang pendidikan masih ada. Seseorang yang telah tersentuh pendidikan melakukan hal-hal yang tidak baik bahkan kadang tidak manusiawi. Berbagai tindakan bahkan terkadang kata-kata kasar yang dapat menyakiti hati seseorang sering terdengar. Dengan beralasan bahwa mereka ingin membangun mental dan karakter junior yang kuat dan tidak lemah. Hal ini menurut kami, keliru karena perlakuan seperti itu sangat tidak mencerminkan karakter seorang mahasiswa yang berintelektual.

Kesimpulan:

jalin komunikasi antar senior dan junior

Dibanding memberikan tekanan mental yang bersifat perpelancoan, cobalah untuk memberikan atau membagi hal-hal yang lebih mengedukasi. Seperti bagaimana membangun pola pikir, memberikan games-games yang dapat melatih penyelesaian masalah secara efisien, atau sekedar memberikan informasi yang bermanfaat. Hal-hal seperti ini yang menurut kami dapat membawa mereka pada arah yang lebih baik lagi.

Cobalah untuk tetap memberikan rasa respect dan menghargai, jika kita sendiri tidak menghargai mereka bagaimana mungkin kita dapat dihargai. Bangun rasa nyaman dan menyenangkan untuk berkomunikasi antar senior dan junior, jika masih ada yang kurang ajar barulah diberi hukuman atau ditindak. Jangan mewariskan budaya senioritas terhadap junior terdahulu atau malah membalas kegiatan senior terdahulu terhadap junior yang baru. Kita seorang pelajar yang sedang menempuh pendidikan, bukan kah seseorang yang terdidik itu selalu ingin membawa sesuatu pada perubahan yang lebih baik?!!!

Sekian dari opini Jenjang Pendidikan Bukan Tempat Untuk Senioritas.

Penulis: Tiwins

penulisbaru

masih pemula, masih ingin belajar belajar membina rumah tangga sama kamu

3 tanggapan untuk “Opini: Jenjang Pendidikan Bukan Tempat Untuk Senioritas

  • Hosting Unlimited Indonesia
  • September 9, 2019 pada 7:00 pm
    Permalink

    setuju…..

    Balas
  • September 9, 2019 pada 7:52 pm
    Permalink

    Apakah penulis paham apa itu senioritas?

    Balas
    • September 18, 2019 pada 4:29 pm
      Permalink

      Tulisan itu bersifat opini dari salah satu kontributor kami, jika kamu punya opini yang berbeda mungkin kamu bisa juga mengirimkan kami tulisanmu ke email contact@lagiseru.com cc imellagiseru@gmail.com terkait hal itu, terima kasih.

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: