Peduli Lingkungan Kurangi Sampah Plastik dengan Cara Ini

Penggunaan plastik setiap harinya selalu meningkat, hampir semua produk di supermarket, dikemas dengan menggunakan bahan plastik. Seiring dengan bertambahnya jumlah penggunaan bahan plastik, tanpa kita sadari kalau setiap harinya jumlah sampah dengan berbahan plastik juga semakin meningkat.

Fakta di lapangan, menunjukkan bahwa sampah plastik sangat sulit untuk terurai, butuh waktu bertahun-tahun agar sebuah plastk dapat terurai. Hal ini dapat membuat unsur-unsur dalam tanah menjadi tidak subur untuk tanaman. Jadi, tidak heran jika kalian menggali sebuah tanah dan menemukan bungkusan lama sebuah produk berbahan plastik bertahun-tahun lalu masih tetap utuh, padahal disain dan logo prdouknya sudah berubah.

Fakta lainnya mengatakan “Pada 2016 lalu, World Economic Forum melansir fakta sampah plastik di laut. Saat ini, ada lebih dari 150 juta ton plastik di perairan bumi. Kemudian diperbarui pada Konferensi Laut PBB di New York pada 2017 lalu. Konferensi menyebut limbah plastik di lautan telah membunuh 1 juta burung laut, 100 ribu mamalia laut, kura-kura laut, dan ikan-ikan dalam jumlah besar, tiap tahun.” di lansir dari situs dbs.

Untuk itu ada beberapa tips nih buat kamu yang ingin ikut membantu mengurangi sampah plastik dalam kehidupan sehari-hari.

1. Bawa Tas Belanja

Ketika kamu pergi berbelanja ke pasar, akan lebih baik jika kita membawa tas belanja dari rumah. Hal itu bisa membuat kita mengurangi penggunaan plastik ketika berbelanja. Kamu bisa menggunakan tas berjenis tote bag yang terbuat dari bahan kanvas atau juga bisa menggunakan tas dengan berbahan dasar kertas.

2. Berhenti Menggunakan barang berbahan Plastik Sekali Pakai.

botol tumbler non plastik

Salah satu sampah plastik sekali pakai paling banyak adalah botol minum sekali pakai. Coba deh ganti menjadi botol minum kamu dengan botol minum yang kamu bawa sendiri dari rumah. Dengan cara ini buat kamu bisa berhemat agar tidak melulu membeli minuman. Selain untuk mengurangin penggunaan botol minuman yang sekali pakai lalu botolnya dibuang, kamu juga bisa terlihat lebih stylish dengan botol minum tumbler yang sekarang, jenis, motif dan bentuknya bermacam-macam.

3. Menggunakan Sedotan Non Plastik

Kamu tahu ngga guys kalau sampah sedotan plastik ini adalah penyumbang sampah plastik terbesar di lautan. Kamu juga pasti udah sering melihatkan campaign “no plastic straw” di resto fastfood favorit kamu. Nah, mulai sekarang yuk kita berhenti menggunakan sedotan plastik.

sedotan non plastik

Tapi jika kamu tetap ingin menggunakan sedotan, sebaiknya kamu beralih ke sedotan yang tidak sekali pakai. Seperti sedotan yang terbuat dari logam, kaca atau silikon misalnya, namun karena ini bukan sekali pakai jadi jangan lupa sering-sering dicuci yaa

4. Lebih Sering Masak di Rumah

makanan sehat di rumah

Sekarang ini banyak banget yang suka beli makan di luar dengan packeging yang terbuat dari plastik. Nah, untuk mengurangi penggunaan plastik itu ayo biasa kan masak di rumah, selain membuat kamu lebih irit dan hemat, makanan yang kamu buat dengan bahan pilihan kamu sendiri tentu saja lebih sehat.

5. Olah sampah Plastik Menjadi Barang yang Lebih Bermanfaat

Dari pada di buang mending sampah plastik itu kita olah jadi barang yang bermanfaat. Kamu bisa tuh nyari tutorial DIY tentang plastik di youtube, buat semenarik mungkin dan gunakan ke kreativitas kamu.

Ayo kita kurangi sampah plastik dengan sifat ramah lingkungan, lingkungan yang bersih akan membuat kita lebih nyaman dan menjaga bumi agar tetap bersih dan sehat.

Penulis: Tiwins

penulisbaru

masih pemula, masih ingin belajar belajar membina rumah tangga sama kamu

3 tanggapan untuk “Peduli Lingkungan Kurangi Sampah Plastik dengan Cara Ini

  • Hosting Unlimited Indonesia
  • Juli 29, 2019 pada 10:32 am
    Permalink

    Sangat bermanfaat bagi lingkungan indonesia

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: