Penting, Ini Lho Perbedaan Hari Raya Idulfitri dan Iduladha

Hari raya umat islam ada dua, dan terdapat perbedaan idulfitri dan iduladha. Apa saja sih perbedaanya? berikut ini beberapa perbedaan yang sebaiknya kamu ketahui.

1. Sunnah Makan Sebelum Sholat Ied

Ini adalah salah satu hal paling penting yang harus kamu ketahui, yaitu sunnah puasa dan tidak puasa sebelum sholat ied. Untuk hari raya idulfitri kita disunnahkan untuk tidak berpuasa sebelum melakukan sholat ied idulfitri. Jadi kita sebaiknya makan atau minum sebelum kita berangkat untuk sholat ied idulfitri. Hal ini dimaksudkan agar kita tak perlu lagi berpuasa dan benar-benar merayakan hari kemenangan karena telah berpuasa selama sebulan penuh dengan tidak berpuasa di hari raya idulfitri.

Berbeda dengan hari raya idulfitri, untuk hari raya iduladha kita disunnahkan berpuasa sebelum melakukan shalat ied iduladha. Jadi, kita sebaiknya makan atau minum setelah kita melakukan sholat ied iduladha. Hal ini dimaksudkan untuk menghargai dan mengingat peristiwa qurban yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim As. dan putranya Nabi Ismail As. Dahulu sebelum melakukan perintah qurban, Nabi Ibrahim As. dan Nabi Ismail As. tidak bisa makan ketika dihidangkan makanan sebelum berangkat dan melalukan qurban.

2. Durasi Takbir yang Berbeda

Perbedaan selanjutnya yaitu durasi takbir dari kedua hari raya ini berbeda. Untuk idulfitri, takbirnya disunnahkan hanya dilakukan satu hari saja yaitu di malam sebelum 1 syawal dan pada tanggal 1 syawal. Kemudian untuk iduladha, takbirnya disunnahkan dilakukan lebih lama yaitu sejak subuh arofah atau 9 zulhijjah hingga akhir hari tasyriq 13 zulhijjah.

iduladha

 

3. Puasa Sunnah Setelah Hari Raya

Perbedaan berikutnya yaitu puasa sunnah setelah hari raya. Untuk idulfitri, kita diperbolehkan untuk melakukan puasa sunnah atau puasa syawal terhitung sejak tanggal 2 syawal hingga akhir syawal. Sedangkan untuk iduladha, kita diharamkan untuk melakukan puasa sunnah selama hari-hari tasyriq yaitu 11 sampai 13 zulhijjah.

4. Waktu Pelaksanaan Sholat Ied

Untuk pelaksanaan dan tata cara sholat ied sebenarnya tetap sama, yang membedakan yaitu waktu pelaksaannya. Untuk idulfitri disunnahkan agar pelaksanaan sholat ied dilakukan lebih lambat agar masih terdapat kesempatan bagi orang-orang yang ingin membayar zakat. Sedangkan, untuk iduladha, disunnahkan agar pelaksanaan sholat ied dilakukan lebih cepat agar proses penyembelihan hewan qurban dapat dilakukan lebih cepat.

5. Durasi Libur Lebaran yang Berbeda

Untuk di Indonesia sendiri, durasi libur lebaran dari kedua hari raya ini sangat berbeda. Untuk hari raya idulfitri, durasi libur dan cuti bersama bisa terhitung tiga hari hingga seminggu. Sedangkan untuk hari raya iduladha durasi liburnya hanya satu atau dua hari.

Itulah beberapa perbedaan idulfitri dan iduladha yang penting dan sebaiknya kamu ketahui. Selamat hari raya iduladha, ingat jangan kalap yaa makan daging qurbannya yaa hihi.

Sebut saja Admin

hanya seorang yang suka diajak ngobrol tapi gak suka minum kopi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *