Penting! Punya Pengalaman Kerja Sebelum Lulus Kuliah

Hai teman seru, banyak yang merasa dan berpikir kalau kuliah sambil bekerja itu merepotkan, ribet, sulit dan bisa menghambat waktu lulus kita. Kalau kemarin saya membagi pengalaman tentang gimana sibuknya kuliah sambil bekerja, kali ini saya mau membagikan tentang seberapa pentingnya sih kita bekerja dulu sebelum wisuda?

Rutinitas saya saat ini sebagai mahasiswa aktif disalah satu kampus swasta yang ada di kota makassar. Umur saya 20thn, anak bungsu dari 3 bersaudara. Pernah kerja di beberapa perusahaan. Dari waiters, juru masak, presenter, costumer service, sampai marketing communication.

Oke, Langsung saja.

Dewasa ini kita dihadapkan oleh kemajuan dan perkembangan teknologi yang sangat signifikan. Perubahan peradaban mendorong manusia untuk bersaing secara ketat. Perusahaan juga semakin maju karena ditunjang oleh teknologi informasi yang menjadi sarapan kita setiap hari. IPK tinggi tidaklah cukup untuk menunjang persaingan di era 4.0, mengingat ada banyak wisudawan yang lulus setiap tahun. Kalau sudah begitu, pentingkah menambah pengalaman sebelum wisuda?

Bekerja sebelum wisuda itu sangat penting!

pengalaman kerja

Beberapa hal yang dapat kamu pelajari dari pengalaman bekerja sebelum lulus kuliah nanti.

Pertama, kita dapat mengenali dan belajar tentang budaya saling menghargai dan bekerja sama dalam dunia kerja. Ketika kita sudah paham tentang bagaimana budaya itu, maka yakin saja kamu akan mudah untuk bekerja di suatu tempat. Karena yang penting dalam sebuah pekerjaan adalah dapat bekerja sama satu sama lain agar dapat menggerakkan sebuah perusahaan agar dapat terus berjalan.

Kedua, kamu akan lebih memahami struktur organisasi dalam sebuah perusahaan dan bagaimana cara bersikap terhadap atasan maupun bawahan. Suatu saat ketika kamu menjadi spv, manajer/GM, atau pemilik usaha. Kamu dituntut harus tahu bagaimana bersikap dan bertanggung jawab untuk mengelola suatu kelompok maupun individu. Mengelola suatu kelompok harus dasari pada sebuah struktur organisasi perusahaan. Kalau jobdesc dari tiap struktur aja kamu gak paham! Gimana mau bersaing di era 4.0 .

Ketiga, adalah memperluas relasi. Relasi itu sangat penting loh bagi kita yang akan bekerja nantinya. Karena informasi seputar lowongan kerja, sponsorship, panggilan kerja bisa kamu dapatkan dari relasi. Jadi sehabis wisuda, kamu bisa menghubungi relasi dari pengalaman bekerja dahulu untuk medapatkan informasi loker atau mendapatkan rekomendasi untuk bekerja dengan mudah. Atau kalau kamu beruntung, setelah selesai wisuda kamu bisa langsung dipanggil bekerja.

Jadi mencari pengalaman sebelum lulus kuliah itu sangat penting. IPK gak cukup begitupun dengan urusan cepat lulus atau lama lulus. Kita punya rejeki masing-masing yang di atur oleh Tuhan, asalkan kita mau berusaha dan gak mageran untuk doing something sih. dan ohh iya jangan lupa berdoa juga karena percuma berusaha kalau gak berdoa. Jadi, tunggu apalagi ayo cari loker dan info-info internship atau part-time sebagai mahasiswa dari sekarang.

 

Penulis: Fatur Riyadi Rahmat

penulisbaru

masih pemula, masih ingin belajar belajar membina rumah tangga sama kamu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *