Sapi Didandani? Berikut Beberapa Tradisi Unik Qurban

Iduladha atau lebaran qurban adalah salah satu hari raya umat muslim selain Idulfitri. Iduladha adalah dijadikan sebagai hari raya untuk mengingatkan kita pada peristiwa yang dialami oleh Nabi Ibrahim A.S dan juga putranya yaitu Nabi Ismail A.S.

Peristiwa itu adalah kurban, perintah yang diberikan Allah SWT terhadap keduanya, yaitu ketika Nabi Ibrahim diminta oleh Allah SWT untuk bersedia mengorbankan putranya yaitu Nabi Ismail A.S. Namun ketika proses itu akan dilakukan, kemudian sembelihan itu digantikan oleh-Nya dengan domba.

Pada hari raya ini, umat Islam berkumpul pada pagi hari dan melakukan shalat Ied bersama-sama di tanah lapang atau di masjid, seperti ketika merayakan Idulfitri. Setelah shalat, dilakukan penyembelihan hewan qurban, untuk memperingati perintah Allah kepada Nabi Ibrahim untuk menyembelih domba sebagai pengganti putranya.

Iduladha qurban

Iduladha jatuh pada tanggal 10 bulan Dzulhijjah kalender Islam, hari itu jatuh persis 70 hari setelah perayaan Idulfitri. Hari itu juga beserta hari-hari Tasyrik diharamkan puasa bagi umat Islam. Berbicara hari raya iduladha ada banyak daerah di Indonesia yang merayakan dengan tradisi yang unik. Misalnya saja, mendandani hewan qurban

1. Mepe Kasur di Bayuwangi

Masyarakat Using di Banyuwangi juga menyambut hari raya dengan tradisi unik. Tradisi yang dikenal dengan istilah mepe kasur atau menjemur kasur ini selalu diadakan setiap mendekati Idul Adha. Menariknya, proses menjemur kasur harus dilakukan secara serentak sejak pagi hari di depan rumah masing-masing. Sesekali, mereka akan membalik kasur menggunakan alat tebah atau sapu lidi agar kembali bersih. Mepe kasur menjadi cara masyarakat setempat menghormati datangnya bulan Zulhijah.

2. Tradisi Toron (Mudik), Madura

Siapa bilang tradisi mudik cuma bisa dilakukan saat Hari Raya Idul Fitri? Saat Hari Raya Idul Adha. Tradisi mudik atau yang biasa disebut “toron” juga dilakukan oleh warga asal Madura, Jawa Timur. Jadi, setiap kali Idul Adha, orang Madura akan melakukan “toron” alias mudik sambil membawa oleh-oleh. Konon, tradisi ini dibuat untuk menjaga ikatan sosial antara masyarakat Madura perantau dengan tanah kelahirannya. Unik dan penuh makna banget kan cara merayakan Idul Adha ala masyarakat Madura yang satu ini.

3. Tradisi Manten Sapi, Pasuruan

Kalau di Pasuruan Jawa Timur ada sebuah tradisi yang unik juga dimana sapi akan didandani terlebih dahulu sebelum disembelih jadi qurban. Tradisi Manten Sapi di Pasuruan memang menjadi cara merayakan Idul Adha yang sudah diwariskan secara turun-temurun. Dalam tradisi ini, sapi akan dimandikan kemudian dirias dengan bunga-bunga. Nggak cukup sampai di situ, sapi akan diarak keliling kampung sampai akhirnya dituntun ke halaman masjid. Kamu penasaran nggak buat menonton langsung tradisi Iduladha yang satu ini.

Itulah beberapa tradisi unik di beberapa daerah di Indonesia yang dilakukan ketika perayaan hari raya Iduladha.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *