Tata Krama Yang Mungkin Sudah Kita Abaikan

Di zaman ini banyak hal-hal kecil yang mungkin sudah kita lupakan termasuk tata krama. Entah karena kita sudah mulai berpindah pada zaman modern yang terkadang semua hal kita hargai dengan selembar kertas yang bernilai angka, sehingga sikap dan tata krama kita sudah mulai menghilang. Nah tulisan kali ini akan mencoba mengingatkan kamu beberapa Tata Krama yang mungkin sudah kamu lupa.

1. Etika Menginap di Rumah Teman

tata krama menginap di rumah teman merapikan kasur

Kadang ketika bosan, kita memilih untuk main kerumah temen dan memutuskan untuk menginap di rumahnya. Apa lagi untuk anak kuliah yang kadang tinggal sendiri karena jauh dari orangtua. Nah, kalau kamu menginap di rumah teman ini kamu jangan lupa untuk ikut merapikan tempat tidurnya di pagi hari.

2. Menjaga Privasi Orang Lain

Ketika kamu meminjam smartphone atau laptop seseorang, jangan bongkar-bongkar tanpa seizin pemilik. Kan sering tuh kita mau minjam laptop atau hape buka file sana sini. Misalnya lagi pengen ambil barang di tas temen tapi kita bongkarin tas nya tanpa izin. Belum lagi kalo temen kita lagi ngechat kita ngintip-ngintipin isi chatnya, jangan lakukan hal-hal itu unutk menjaga privasi orang lain.

3. Jika Makan di Rumah Teman, Ikut Bantu Masak dan Membereskan

bantu teman memasak

Ini hal kecil yang kadang kamu lupa jika sudah terlalu akrab dengan teman, setelah selesai makan udah dibiarkan gitu aja. Ketika kamu ingin makan di rumah teman, bantulah dia memasak atau jika tidak bantulah dia membereskan meja setelah selesai makan. Bantulah dia mencuci piring dan merapikan dapur.

4. Etika Meminjam Barang

Ketika kamu meminjam barang, hal yang paling penting adalah menjaga baik-baik barang yang kamu pinjam. Karena itu bukan barang kaum, jadi jangan sampai merusak apalagi sampai hilang. Dan yang paling penting jangan pernah lupa mengembalikan barang-barang yang kamu pinjam. Karena sebelumnya ada kata pinjam yang berarti barang yang di berikan akan di kembalikan yaa.

5. Jangan Terlalu Lama Mengembalikan Uang Yang di Pinjaman

tata krama pinjam uang

Tidak peduli sekecil atau sebesar apapun kamu meminjam uang, jangan terlalu lama mengembalikannya. Mungkin bagi kamu nanti saja dikembalikannya tapi mungkin saja dia juga membutuhkan uangnya tapi gak enak nagihnya. Yang paling parah itu kalo udah di tagih bilangnya gak ada mulu tapi sering jalan-jalan kesana kemari.

6. Jangan Menegur Kesalahan atau Berdebat di Depan Umum

Ketika teman kamu melakukan kesalahan, sebaiknya kamu menegurnya secara personal dan hindari melakuannya di depan umum. Selain Menghindarkan kamu dari perdebatan di depan umum, orang yang kamu tegur juga tidak akan merasa dipermalukan. Pilihlah tempat yang sepi dan lebih privat untuk menyelesaikan masalahmu.

7. Etika Menelpon di Tempat Umum

menelpon di depan umum

Ini hal yang paling banyak dan kadang tidak di sadari banyak orang, yaitu menelpon dan menggunakan speaker di sekitar orang lain. Hal ini dapat membuat orang lain yang ada di sekitarmu menjadi tidak nyaman karena berisik atau membuat orang lain merasa tidak nyaman. Sebisa mungkin hindari penggunaan speaker kecuali kedua tanganmu sedang sibuk atau kamu bisa menggunakan headset untuk menelpon.

Itu lah beberapa Tata krama yang terkadang sudah banyak di abaikan. Mari bangun dan bentuk budaya Tata Krama yang baik agar dalam bersosialisasi dapat terwujud sikap saling menghargai. Karena jika kamu ingin dihargai maka hargai lah terlebih dahulu orang lain. Dengan bersikap yang baik sesuai dengan nilai dan norma yang ada maka kamu juga akan diterima baik dalam masyarakat.

Penulis: Tiwins

 

penulisbaru

masih pemula, masih ingin belajar belajar membina rumah tangga sama kamu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *