Tips Seru & Kiat-kiat Jitu Lolos SBMPTN 2019

Halo teman seru, sebentar lagi tes SBMPTN akan segera dilaksanakan. Untuk itu, lagiseru buat tips seru seleksi SBMPTN nih. Seleksi ini bertujuan untuk menyaring siswa-siswi terbaik untuk berkuliah di kampus-kampus ternama di Indonesia. Untuk bisa lolos dalam seleksi tersebut, kamu harus mempersiapkan diri agar dapat bersaing dengan ribuan orang dari penjuru Tanah Air. Sekedar informasi yah, kalau setiap tahun sistem yang dibuat oleh panitia seleksi lebih ketat dari tahun-tahun sebelumnya. Maka dari itu kamu dituntut untuk mempersiapkan segala sesuatunya jauh-jauh hari. Agar kamu diberikan kemudahan dan bisa lolos di kampus dan jurusan favoritmu.

Berikut tips seru dan kiat-kiat jitu lolos SBMPTN 2019:

1. Pilih Jurusan yang Tepat Secara Berurut

Bagian ini sering kali terjadi kesalahan, dikarenakan kurangnya info soal passing grade atau bimbingan dari yang pernah ikut SBMPTN. Agar dapat lolos pada pilihan yang kamu inginkan, nilai atau poin hasil seleksi akan disesuaikan dengan grade dan jumlah peminat. Bila jurusan pilihan kamu diurut secara acak karena kamu tidak tau soal passing grade. Berikut ini adalah contoh urutan yang SALAH.

  1. Hubungan Internasional / Passing grade : 45%
  2. Kedokteran Umum / Passing grade : 65%
  3. Sastra Indonesia / Passing grade : 23%

Dilihat dari susunan pilihan jurusan diatas, jelas tidak terurut sesuai passing grade tertinggi dan jumlah peminat terbanyak. Akibatnya bila nilai atau poin persentasinya dibawah pilihan pertama maka pilihan kedua dan ketiga akan gugur secara otomatis. Dalam pemilihan jurusan, pilihan pertama sebagai prioritas, kedua dan ketiga menjadi pilihan alternatif. Maka sangat penting untuk urutan sesuai grade dan jumlah peminatnya. Untuk lebih lengkapnya soal passing grade dari beberapa universitas dan jurusannya bisa di cek disini

tips sbmptn

2. Ikut Kelas Bimbingan SBMPTN Yang Sudah Teruji

Untuk menghadapi soal-soal yang 100 kali lipat lebih sulit dari soal UAN sekolah. Kalian harus ikut bimbingan belajar intensif SBMPTN yang diselenggarakan oleh lembaga-lembaga kursus. Dua bulan persiapan sebenarnya cukup singkat untuk belajar mengidentifikasi dan mengerjakan berbagai jenis macam soal yang lebih sulit. Maka dari itu sangat dianjurkan untuk mengikuti kelas bimbingan belajar untuk memperoleh tips and trik dalam mengerjakan soal-soal sulit.

3. Review Soal-Soal Tahun Lalu

SBMPTN yang akan datang akan menyajikan soal-soal yang cukup rumit sebagai standarisasi setiap tahunnya dalam menyaring peserta-peserta tarbaik se-Indonesia. Tapi dibalik kerumitannya prediksi-prediksi terkait soal yang akan hadir selalu ada karena masih beranjak dari soal tahun-tahun sebelumnya. Jadi cukup perbanyak mereview soal-soal tahun lalu untuk memprediksi jenis soal mana yang tidak pernah absen dites SBMPTN.

belajar

4. Atur Waktu Belajar

Karena waktunya cukup singkat untuk mempelajari semua yang diujiankan. Kamu butuh waktu ekstra untuk mempelajari konsep-konsep dasar dan jenis-jenis soal, buatlah jadwal midnight untuk belajar.

waktu belajar sbmptn

5. Jaga Kesehatan Fisik

Selain persiapan otak juga dibutuhkan persiapan fisik dan mental untuk menjaga kebugaran agar otak tetap segar demi menghadapi soal-soal rumit. Maka sangat dibutuhkan istirahat full agar kondisi fisik tetap terjaga, tapi ini berlaku sehari sebelum pelaksanaan tes SBMPTN.

6. Utamakan Selalu Berdoa

Tips SBMPTN berikutnya yaitu jangan lupa berdoa. Sekuat apapun usaha dan perjuanganmu, semua hal dapat diwujudkan atas kehendak Tuhan Yang Maha Kuasa. Sebagai seorang yang beragama. Sebelum, sementara, dan sesudah melakukan sesuatu berdoa merupakan hal yang harus terus beriringan dengan upaya agar diridhoi jalan menuju kesuksesan, termasuk lolos dalam SBMPTN.

Nah itu tadi 6 kiat-kiat dan tips SBMPTN dari lagiseru untuk dibagikan kepada kamu, dan ingat untuk bisa lolos di PTN dan jurusan favorit kamu, dibutuhkan strategi sejak dini mulai dari persiapan pendaftaran, pengenalan jurusan sesuai gradenya, jenis soal yang kemungkinan muncul, serta upaya-upaya seperti salah satunya mengikuti kelas bimbingan belajar dan try-out SBMPTN untuk menguji batas kemampuanmu.

Penulis: Erwin Atmajaya

 

penulisbaru

masih pemula, masih ingin belajar belajar membina rumah tangga sama kamu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *