Trip Budget Murah ke Banda Neira dari Kota Makassar

Sudah pernah dengar nama Banda Neira? sudah pasti dong, untuk anak-anak era sekarang nama itu dikenalkan lewat musik oleh duo musisi indie Ananda Badudu dan Rara Sekar dengan nama grup “banda neira” dengan lagunya yang hits berjudul “sampai jadi debu” yang banyak didengarkan oleh kalangan remaja hingga hari ini.

idntimes.com

Tapi nama tersebut sebenarnya bukan untuk hanya sekedar nama band saja, nama itu sebenarnya disadur dari nama kepulauan yang berada di bagian timur Indonesia, seperti pula Banda Aceh di pulau Sumatera Utara, di Kabupaten Maluku Tengah terdapat wilayah kepulauan yang bernama Banda Neira, bila dilihat di peta Indonesia, akan terlihat seperti butir-butir beras di tengah laut Banda.

Sedikit informasi, kepulauan itu merupakan salah satu tempat paling bersejarah di Indonesia jauh sebelum negara Eropa mengekspansi wilayah tersebut. Dengan buah pala dan fulinya menjadi magnet tersendiri orang luar untuk mengarungi samudera nusantara untuk sampai ke daratan Maluku kala itu.

lifestyle.okezone.com

Tapi selain hasil rempah yang memukau para pendatang dari luar, destinasi wisatanya juga tidak kalah menarik loh mulai dari wisata sejarah, alam, hingga budaya. Misalnya benteng Belgica dan Nassau di Neira, benteng Hollandia di pulau banda besar, benteng Revenge di pulau Ai, selain situs sejarah, Banda Neira juga merupakan tempat pembuangan para proklamator kemerdekaan seperti Moehammad Hatta (wakil presiden pertama), Sutan Syahrir (perdana menteri era soekarno), Dr. Tcipto Mangunkusumo (pendiri indische partij), dan juga mereka diasingkan ke Neira karena dianggap menganut paham marxisme (pemikiran karlmarx) oleh Belanda.

Untuk wisata alam pelancong bisa menikmati sendiri sensasi menyelam sambil melihat terumbu karang yang masih sangat terjaga ekosistemnya, atau mendaki ke puncak pulau gunung api Banda untuk menikmati Banda Neira dari ketinggian, atau juga bisa menikmati pesona pulau-pulau sambil nge-camp.

Mungkin sudah ada yang bertanya-tanya berapa sih cost untuk bisa melancong ke pulau yang dijuluki Spice Island itu, oke saya akan berbagi pengalaman perjalanan menuju kepulauan indah itu dan berapa cost yang saya pergunakan untuk sampai disana dengan menggunakan via laut.

banda neira, maluku
Banda Neira, Maluku (Foto: Instagram @robert_suciadi)

1. Perjalanan Dari Makassar-Ambon

Saya memulai perjalanan dari kota Makassar (kebetulan saya domisili makassar) lewat via laut
dengan menggunakan KM.Ngapulu di pelabuhan soekarno-hatta kota Makassar. Untuk biaya tiket saya beli seharga Rp.420.000 di loket penjualan di pelabuhan atau bisa dipesan secara Online di situs
pelni.co.id.

2. Ambon-Banda Neira

Setelah sampai di pelabuhan yos sudarso kota Ambon, saya memesan tiket seharga Rp.30.000 untuk
naik tol laut (kapal pelni ukuran kecil) jarak tempuh 8-12 jam dengan tujuan Banda Neira.

3. Pelabuhan Neira

Setelah menikmati perjalanan selama 8 jam lebih, sebelum kapal berlabuh di pelabuhan kamu akan
disuguhkan dengan pesona pulau gunung api Banda yang menjulang tinggi diatas permukaan laut.
Nah itulah sedikit informasi perjalanan saya ke Banda Neira dengan menggunakan via laut.

Nah, itulah tadi beberapa info cost singkat perjalanan saya ke kepulauan Banda Neira dari kota Makassar. Semoga teman-teman yang bertujuan untuk refreshing dan wisata sejarah sayamerekomendasikan ke tempat itu sebagai tujuan yang menarik untuk dikunjungi. Kata bung hatta “jangan mati dulu sebelum ke Banda”.

 

ditulis oleh: Erwin Atmajaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *