Ini Hal-hal yang Kamu Temui Saat Lebaran Idul Fitri

Lebaran menjadi salah satu perayaan terbesar yang berada di Indonesia, kenapa? karena penduduk indonesia lebih di dominasi umat muslim. Hal yang seru terjadi saat mudik lebaran tiba, dimana para pemudik dari kota-kota besar di Indonesia berbondong-bondong kembali ke kampung halaman.

Mendengar kata “Lebaran” ada banyak hal yang selalu melekat dengan satu kata ini salah satunya mudik dan THR (Tunjangan Hari Raya), lebaran itu sendiri nama lain dari hari raya idul fitri yang dirayakan setelah berakhirnya bulan Ramadan.

Nah untuk ungkapan Tunjangan Hari Raya, sebenarnya hanya ditujukan bagi mereka yang bekerja. Upah yang di berikan dari pemimpin/boss perusahaan di luar gaji pokok. Tapi seiring berjalannya waktu ungkapan itu tidak lagi menjadi ungkapan khusus melainkan sudah umum. Karena sering kalinya di gunakan oleh yang bekerja atau pun tidak berkerja. Selain mudik dan THR ada beberapa hal yang akan kamu temui saat lebaran idul fitri.

1. Kuliner

Makanan menjadi yang utama, karena selalu di penuhi beraneka ragam jenis makanan tergantung daerah. Makanan-makanan di saat lebaran memang ada beberapa yang bisa kamu temui walaupun tidak di hari lebaran. Tapi rasanya sangat berbeda ketika di nikmati saat perayan idul fitri.

2. Halal bi Halal

saling memafkan saat lebaran
via rawpixel

selalu menjadi puncak dari berakhirnya perayaan idul fitri. Bertemu, saling memberi selamat dan bermaaf-maafan adalah prosesi yang begitu mengharukan tapi juga momen membahagiakan. Namun di zaman modern ini ada banyak juga yang menggunakan gadget untuk tetap memberi ucapan ke sanak saudara yang jauh.

3. Takbir Keliling

Malam takbiran adalah penanda bahwa ramadhan telah pergi dan esoknya lebaran tiba. Takbir keliling selalu mempunyai kemeriahan yang setiap tahunnya berbeda. Dulu, takbir keliling hanya berkeliling kampung dengan berjalan kaki dan memegang obor sambil menabuk bedug. Tapi sekarang ada banyak kreasi-kreasi yang dilakukan mulai dari menghias kendaraan sampai membuat musik pengiring takbir yang kreatif.

4. Ziarah Makam

Selain dilakukan sebelum ramadhan ziarah makam juga terkadang dilakukan saat hari lebaran. Sudah menjadi kebiasaan yang dilakukan sebagian masyarakat setelah melakukan shalat idul fitri. Biasanya para peziarah mulai berdatangan setelah shalat hingga tiga hari selepas lebaran. Mereka mendatangi sanak-saudara yang telah meninggal dunia untuk memanjatkan doa.

5. Liburan

Jika di lihat dari sekala perayaan, hari raya idul fitri merupakan hari raya yang mempunyai libur yang cukup panjang. setelah perayaan itu biasanya akan diadakan liburan keluarga sebelum akhirnya kembali normal beraktivitas seperti hari-hari biasanya.

Itulah beberapa hal yang akan kamu temui ketika momen lebaran tiba. Semoga setelah ramadhan pergi dan seusai kita merayakan hari kemenangan ini, kita bisa tetap menjadi pribadi yang lebih baik lagi yaa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *