Makanan & Minuman Ini Baik dikonsumsi Saat Berbuka Puasa

Menu berbuka biasanya bermacam-macam dan terkadang kita hanya mengonsumsi makanan yang kita suka meskipun sebenarnya makanan itu tidak begitu baik jika dikonsumsi saat berbuka, seperti gorengan, makanan yang terlalu manis, atau mungkin saja makanan yang terlalu ‘berat’ dicerna oleh tubuh. Padahal saat berbuka sebaiknya kita mengonsumsi makanan yang mudah dicerna tubuh dan memiliki kandungan nutrisi yang tinggi sehingga kebutuhan nutrisi dalam tubuh dapat cepat dipulihkan ketika kita berbuka puasa. Berikut ini ada beberapa makanan dan minum yang baiknya dikonsumsi saat berbuka puasa.

1. Bubur Ketan Hitan

via bukumasakan.com

Bubur adalah makanan dengan tekstur lunak yang mudah dicerna oleh organ pencernaan dalam tubuh, bubur ketan hitam baik dikonsusmsi saat berbuka puasa karena mengandung banyak gizi yang dibutuhkan oleh tubuh diantaranya zat besi, protein, karbohidrat, vitamin E, dan beberapa mineral lain. Bubur ketan hitam juga memiliki serat yang tinggi sehingga baik dalam proses pencernaan dan menjaga kesehatan usus.

2. Jus Buah

via unsplash

Buah-buahan memang baik dimakan saat berbuka, namun buah-buahan ini sebaiknya diblender untuk dijadikan jus. Mengonsumsi buah-buahan dalam bentuk jus bertujuan untuk mengambil sari dari buah. Dengan mengonsumsi jus buah, sari buah dapat dicerna tubuh lebih cepat sehingga tubuh akan segera pulih dari rasa lemas.

3. Infused Water

via unsplash

Infused water adalah air mineral yang dicampurankan dengan berbagai macam potongan buah-buahan segar, sayuran, herbal, atau rempah-rempah. Infused water ini mangandung banyak vitamin dari campuran buah dan sayur dalam larutan infused water, sehingga baik diminum saat berbuka karena mampu mengembalikan vitamin dan kebutuhan air yang dibutuhkan oleh tubuh setelah berpuasa seharian

4. Yogurt

via modernhoney.com

Yoghurt terbuat dari fermantasi susu oleh bakteri dan termasuk sumber makanan tinggi probiotik, yang dapat membantu melancarkan pencernaan. Yoghurt juga baik dikonsumsi saat berbuka puasa karena yoghurt mengandung protein tinggi untuk mencukupi kebutuhan protein tubuh setelah seharian berpuasa.

5. Kurma

via merdeka.com

Selain di sunnah kan, kurma ini memang memiliki kandungan gizi yang pas dan dibutuhkan oleh tubuh saat berbuka puasa. Kurma mengandung mineral dan kalsium yang baik untuk tubuh setelah seharian berpuasa, serta rasa manis alaminya dari kurma ini juga menjadi penawar asam lambung seusai berpuasa.

Nah itu dia beberapa makanan dan minuman yang bisa kamu coba sebagai menu buka puasa sehat sehingga asupan nutrisi dalam tubuh ideal. Jangan ‘balas dendam’ alias makan terlalu banyak saat berbuka yaa agar kita tidak terlalu kekenyangan dan dapat lanjut beribadah sholat tarwih sehabis buka.

 

penulisbaru

masih pemula, masih ingin belajar belajar membina rumah tangga sama kamu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *