Persiapkan Hal Ini Jika Mudik dengan Kendaraan Pribadi

Lebaran merupakan momentum yang sangat ditunggu-tunggu agar kita bisa berkumpul bersama keluarga. Berbicara soal lebaran pasti tidak lepas dari yang namanya mudik, pulang ke kampung halaman untuk bertemu dan berkumpul dengan sanak keluarga disana.

Kamu sudah membayangkan gimana hectic-nya perjalanan mudik, misalnya biaya tiket perjalanan yang mahal, padatnya penumpang, jalanan macet dan sebagainya. Beberapa orang memilih menggunakan transportasi umum untuk mudik, bahkan membeli tiket mahal untuk fasilitas yang nyaman dan waktu tempuh singkat. Namun, tidak sedikit juga yang ingin menggunakan kendaraan pribadi. Selain untuk menghemat biaya, kita juga dapat menentukan sendiri kapan akan berangkat tanpa ada jadwal. Nah ada beberapa tips seru nih, untuk kamu yang berniat mudik menggunakan kendaraan pribadi.

1. Cek Kondisi Kendaraan

thestar.com

Mengecek kesehatan kendaraan adalah hal yang utama untuk kamu lakukan, agar disaat perjalanan tidak terjadi resiko yang menghambat perjalanan menuju kampung halaman. Misalnya saja, ban kendaraan kurang angin atau mesinnya malah bermasalah. Sebelum berangkat pastikan kamu sudah melakukan service kendaraanmu agar nantinya tidak terjadi kendaraan mogok di jalan atau sistem lampu menyala mati dan berbagai permasalahan lain terkait kendaraanmu.

2. Rute Perjalanan

rute mudik
emotivebrand.com

Mengetahui rute perjalanan hal yang patut kamu ketahui terlebih dahulu sebelum berangkat, mengetahui jalur alternatif, rute yang sering kali macet, tempat istirahat, pengisian bahan bakar. Itu semua adalah hal mendasar yang perlu kamu ketahui untuk mudik menggunakan kendaraan pribadi. Sehingga kamu bisa lebih siap jika terjadi hambatan sepanjang rute perjalanan tersebut kamu lalui.

3. Kesehatan Diri

medclique.org

Memastikan sepasti-pastinya kesehatan kamu, apakah mampu menempuh perjalanan jauh dengan kendaraan pribadi. Seringkali terjadi kecelakaan di saat mudik dikarenakan kesehatan yang kurang dan sering kalinya malah memaksakan diri walaupun mata sudah lelah. Ada baiknya jikalau sebelum berangkat mempersiapkan kesehatan dengan baik. Jika lelah jangan lupa untuk bergantian atau mampir ke rest area untuk beristirahat memulihkan tenaga untuk melanjutkan perjalanan.

4. Bawa Bekal Perjalanan

bekal perjalanan
unsplash

Untuk menjaga kesehatan selama perjalanan mudik jangan lupa membawa bekal perjalanan seperti, air minum, makanan ringan seperti roti-rotian atau cemilan misalnya. Untuk kamu yang menempuh perjalanan lebih dari 8 jam mungkin sebaiknya membawa makanan berat yang bisa bertahan lama. Dan jangan lupa juga untuk selalu menyiapkan kotak obat apabila selama perjalanan ada yang mabuk perjalanan. Selain itu kamu juga bisa mengonsumsi multivitamin agar kesehatan kamu terus terjaga selama perjalanan mudik.

5. Dokumentasi

bernas.id

Jangan lupa untuk membawa alat – alat yang mendukung kamu mengabadikan momen selama perjalanan, karena dokumentasi salah satu penunjang kamu untuk mudik dengan seru. Setiap dokumentasi selalu mempunyai cerita yang suatu saat kamu akan mengenang kembali, hal – hal yang menarik, kesulitan, keseruan menjadi menarik disetiap kali mudik dengan menggunakan kendaraan. Mungkin saja ada hal yang kamu tidak dapati disaat mudik lebaran di tahun kemarin, itulah pentingnya kamu mendokumentasikan perjalanan dan seenggaknya masih bisa eksis lah buat di update ke Instagram kamu.

6. Menikmati Perjalanan

Carmudi Philippines

Mudik selalu saja tidak selalu memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi, kamu juga bisa nikmati perjalanan selama mudik, sesekali pelankan laju kendaraan jika terdapat pemandangan yang menarik di kiri atau pun kanan. Selain menikmati pemandangan alam, kamu juga bisa mampir dan sedikit beristirahat di pinggir jalan dengan pemandangan yang menarik tersebut, dan membuat perjalanan kamu menjadi lebih menyenangkan.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan sebelum dan selama perjalanan mudik lebaran menuju kampung halaman. Mudik lah dengan aman, persiapkan segala halnya dengan matang, dan jangan lupa membawa oleh – oleh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *