Tipe-Tipe Pengendara Saat Ingin Ganti Oli

Bagi anak motor, motor sudah menjadi pasangan setia untuk mengantar dari satu tempat ke tempat lainnya. Tak jarang motor mereka didandani sedemikian rupa agar terlihat lebih keren dan menjadi daya tari ketika berada di jalanan. Selain didandani, perawatan terhadap mesin juga musti diperhatikan salah satunya adalah ganti oli.

Selain mendandani motor agar terlihat keren, tampilan dalam (mesin) harus sebagus luarnya agar menambah kekerenan ketika menunggagi motor kamu. Tapi ada beberapa anak motor yang hanya mementingkan tampilan luar saja namun melupakan hal yang begitu penting pada motor. Oli pada motor adalah pendukung yang sangat penting. Dikarenakan oli berfungsi sebagai pelapis pelindung yang mencegah terjadinya benturan antara logam dengan logam komponen mesin seminimal mungkin.

Oleh karena itu, jika oli mesin tidak diganti secara rutin akan menyebabkan kendaraan tidak lagi bekerja dengan baik, lalu kinerja mesin semakin menurun dan pada akhirnya mengakibatkan yang namanya turun mesin.

Dalam mengganti oli, ada beberapa tipe pengendara motor ketika ingin mengganti oli.

1. Ganti Oli Rutin Setiap 1-3 Bulan

ganti oli tiap bulan

Ada beberapa orang yang mengganti oli kendaraan berdasarkan pergantian bulan, dan tidak sedikit pula yang mengganti oli setiap bulan walau kendaraannya sangat jarang digunakan. Penggantian rutin ini tentu merupakan hal yang sangat baik untuk kesehatan mesin.

2. Berdasarkan Hitungan Jarak Kilometer

speedometer kilometer

Ada juga tipikal orang yang mengganti oli kendaraan berdasarkan kilometer atau jarak tempuh kendaraan, dikarenakan ngapain keseringan ganti oli kalau kendaraan jarang di gunakan. Hal ini mampu menghemat biaya perawatan mesin. Karena jika kendaraan jarang digunakan maka jarak tempuh kilometernya pun akan sedikit dan kita tidak perlu terlalu sering mengganti oli.

3. Ganti Oli Sebelum Perjalanan Jauh (Touring atau Mudik)

touring

Tak sedikit pula pemilik kendaraan yang baru mengganti oli saat ingin menempuh perjalanan jauh. Alasannya cukup beragam, mulai dari faktor keuangan, sampai jarak perjalanannya cuman di kota yang jarak tempuhnya tidak jauh.

Jadi sudah seharusnya kamu sebagai pengguna kendaraan untuk memperhatikan dan merawat mesin sesuai yang sudah dianjurkan. Nah, dalam mengganti oli kamu tipe seperti apa nih?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *