Tips Aman Berkendara Motor Saat Musim Hujan

Memasuki awal tahun dan musim hujan berdampak pada aktivitas berkendara kita. Berbeda dengan mobil yang lebih aman, banyak hal yang harus diperhatikan jika kamu mengendarai motor. Nah, berikut ini ada beberapa tips aman berkendara motor saat musim hujan.

1. Siapkan Setelan Jas Hujanjas hujan

Ini dia barang nomor satu yang harus selalu ada di tas atau bagasi motor kamu. Hindari jas hujan jenis ponco karena selain dapat terselip di roda atau rantai motor. Saat hujan deras, ponco mudah ‘berkibar’ dan akan menyulitkan dirimu dan pengendara lain yang berada di sekitarmu. Jadi gunakanlah setelan jas single yang berupa baju.

2. Hindari Genangan Air

genangan air hujan

Seringkali, di dalam genangan air ada benda-benda membahayakan yang tidak terlihat. Bisa saja ada benda tajam, benda licin, maupun lubang yang besar. Sebisa mungkin, cari jalan lain yang tidak terlalu banjir meskipun jaraknya sedikit lebih jauh. Keselamatan adalah nomer satu.

3. Siapkan Sendal atau Sepatu Boots Anti-air

Sandal jauh lebih praktis karena dapat dengan mudah masuk tas atau bagasi motormu. Akan tetapi, jika kamu tidak nyaman dengan kaki yang basah, sepatu boots bisa menjadi pilihan. Apalagi, sepatu ini akan melindungi kakimu dengan sempurna. Tak perlu takut lecet atau terpeleset atau tergigit serangga yang mungkin mengintai di dalam genangan air.

4. Siapkan Selalu Kanebo

Gunakan lap ini terutama untuk mengelap visor helm dan spion. Dalam kondisi hujan, pandanganmu akan sangat terganggu. Jangan sampai celaka karena hanya pandanganmu terhalang tetesan air.

5. Pastikan Semua Lampu Motor Berfungsi Baik

Selain membantu pandanganmu di kala hujan, semua lampu yang ada di motor kamu juga membantu pengendara lain ‘awas’ dengan keberadaanmu.

6. Jangan Ngebut dan Kurangi Kecepatan

speedometer

Untuk mengurangi risiko ban kendaraan tergelincir (slip) akibat jalan yang licin, sebaiknya kamu jangan ngebut yaa. berkendaraan dengan kecepatan lebih rendah juga memastikan kamu tidak akan mengerem tiba-tiba jika kendaraan di depan kamu tiba-tiba melambat atau berhenti.

Itulah beberapa tips aman berkendara motor saat musim hujan. Sekarang, kamu tidak perlu ragu lagi dan membuat aktivitasmu terhambatu untuk mengendarai motormu ke kampus atau kantor saat musim hujan.

penulisbaru

masih pemula, masih ingin belajar belajar membina rumah tangga sama kamu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *