Tips & Trick agar Kamu Lulus Ujian Nasional

Demi mencapai mutu pendidikan di Indonesia maka pemerintah menerapkan metode Ujian Nasional. Ujian Nasional (UN) merupakan salah satu upaya pemerintah dalam penjaminan mutu di satuan pendidikan. Pada sistem ujian nasional, soal disajikan dengan metode pilihan ganda. Metode ini dinilai efektif untuk menjawab 40-50 soal yang diberikan dengan waktu yang terbatas. Maka dari itu siswa perlu mempersiapkan banyaknya isi kepala demi memperlancar ujian akhir tersebut seperti belajar, ikut les bimbel, dan lain-lain.

Tapi tidak semua siswa(i) selalu mempersiapkan hal tersebut bahkan tak sedikit dari mereka lebih memilih menggantung nasib nya dengan keberuntungan semata. Lalu apa-apa saja cara melewati ujian nasional dengan mudah? Berikut adalah tips & trik melaksanakan ujian nasional dengan mudah;

1. Rajin Belajar!

Credit By bslc.or.id

Membekali diri dengan belajar dan mengikuti proses yang di berikan sekolah adalah hal yang terbaik. Selalu mengulagi soal-soal UN yang di berikan di sekolah, karena soal-soal UN setiap tahunnya sama tapi soalnya saja yang berbeda. Buat apa mencari jalan alternatif tapi diri sendiri tidak membekali diri dengan belajar.

2. Jaga Kesehatan

credit by chakraswara.com

Beristirahatlah dengan cukup dan menjaga tubuh agar tetap sehat. Karena tubuh yang sehat membantu kerja otak kamu agar tetap fokus menghadapi ujian. Usahakan agar menjaga pola tidur kamu, jangan terlalu memaksakan tubuh untuk terus belajar,

3. Membentuk Kelompok Belajar

credit by mec.co.id

Terkadang kerjasama tim adalah hal yang mendukung suatu kegiatan apalagi kegiatan tersebut memiliki tujuan yang sama, sama-sama mau lulus. Alangkah lebih indah jika merencanakan hal tersebut dengan cara bernegosiasi dengan teman yang jelas pintar di kelas.

4. Ikut Kursus/Bimbel

credit by silabus.web.id

Jika menurut kamu, kamu kurang paham dalam menguasai sebuah pelajaran mungkin kamu harus ikut bimbel atau kursus dari mata pelajaran khusus seperti matematika atau bahasa inggris misalnya.

Jika hal tersebut semua sudah di persiapkan tapi masih merasa tidak punya isi kepala maka masih ada solusi, yaitu minum air rebusan buku latihan UN, hahaha. Hal ini di percaya oleh leluhur terpercaya sejak UN ada pertama kali di Indonesia. Bahkan orang tua kita dulu di paksa melakukan hal ini demi cepat menyerap semua pelajaran. Hasilnya? Nihil!

5. Berdoa

ujian nasional
credit by salembagroup.com

Sebelum melewati ujian yang berat, maka bersedialah untuk berserah diri pada Tuhan yang maha pengasih lagi maha penyayang. Niscaya apabila kita percaya dengan kekuasaan Tuhan maka segala kesulitan dapat dilalui dengan mudah. AMIIIIN…..

Semua hal diatas jika dilakukan tapi masih saja tidak ada apa apanya, jika tidak dibarengi dengan berdoa.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan sebelum menghadapi Ujian Nasional

penulis: Muhammad Dilan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *