Udah Musim Hujan, Berikut Ini Tips Menghadapi Banjir

Awal tahun emang langganannya curah hujan yang cukup tinggi nih sehingga menyebabkan banjir di beberapa kota besar, nah kita ada tips menghadapi banjir nih. Banjir yang terjadi di setiap kota berdampak besar pada permukiman padat penduduk dan daerah-daerah yang mempunyai konstruksi tanah yang rendah. Kamu pasti pernah ngalamin rumah yang kebanjiran, lagi enak-enaknya tidur eh.. air sudah masuk kerumah tanpa ngetok pintu.

Nih ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mencegah banjir masuk kedalam rumah.

1. Bersihkan Saluran Air dan Selokan

selokan bersih mencegah banjir

Buat kamu yang punya punya selokan di depan rumah, jangan sekali-kali menutup selokan di depan rumah. Yap, penyumbatan membuat air tergenang! Alhasil aliran air yang tidak dapat mengalir ke sungai atau kali kemudian jadi menggenang di depan rumah. Selain itu, kamu juga harus melakukan pembersihan saluran air atau selokan tersebut secara rutin.

2. Buang Sampah pada Tempatnya

buang sampah pada tempatnya mencegah banjir

Salah satu penyebab terbesar banjir adalah kebiasaan masyarakatnya yang suka membuang sampah ke selokan atau ke sungai. Yuk, mulai ubah kebiasaan buruk tersebut dari diri sendiri supaya rumah tempat kita tinggal selalu nyaman dan terbebas dari banjir.

3. Meninggikan Beberapa Bagian Rumah

Permukaan teras juga perlu dinaikkan beberapa sentimeter. Dari teras rumah menuju ke ruang tamu ditinggikan dengan menambah beberapa anak tangga. Jumlah anak tangga tergantung ketinggian banjir yang sering dialami masing-masing penghuni rumah. Kalau kurang dari 50 cm, tiga atau empat anak tangga sudah memadai.

4. First Aid Kit

Sediakan beberapa obat-obatan yang sekiranya di perlukan ketika banjir, karena saat banjir sangat rentan terhadap penyakit.

5. Persediaan Pangan

Jika kamu mempunyai lokasi rumah yang langganan banjir, setidaknya kamu perlu mempersiapkan beberapa makanan instan. Agar ketika banjir kamu tidak perlu antri makanan di posko-posko darurat bencana.

Itulah tips yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi banjir yang setiap saat akan terjadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *